Monday, May 7, 2012

Tak Cukupkah Semua

Tak Cukupkah Semua

Berapa banyak lagi airmata
Berapa banyak lagi luka-luka
Yang bisa membuka setiap mata
Bahwa tangan kita telah membuatnya
Berapa banyak lagi pohon tumbang
Berapa banyak derita menyapamu
Berapa banyak lagi bencana dan kita menjadi saksi semua
Tak cukupkah semua apa yang terjadi
Membuka sang mata
Membuka sang hati
Dan lihatlah semua apa yang terjadi
Semua tutup mata
Semua tutup hati
Berapa lama lagi untuk hati
Bersimpuh dan kembali pada Illahi
Berapa lama lagi untuk jiwa
Disana untuk kembali padaNya
Tak cukupkah semua apa yang terjadi
Membuka sang mata
Membuka sang hati
Dan lihatlah semua apa yang terjadi
Semua tutup mata
Semua tutup hati
Tak bisa sembunyi dan tutup mata hati

Sungguh luar biasa sekali syair dari Mas Opick ini, ketika ane dengar syair ini pertama kali langsung keinget satu ayat Al-Qur'an ini :

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۖ فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ
maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.(QS. Al-Hajj : 46) 

walaupun sering baca Al-Quran sedari kecil, sejak dulu ane ga pernah tau apa artinya semua itu. Sungguh merugi diri ane ini, barulah ahir-ahir ini saja ane bener bener tau kebesaran firman Allah dalah Al-Qur'an.
Alhamdulillah..
Salah satu Hidayah Allah adalah melalui sebuah Pelatihan ESQ 165 yang ane dapet ketika awal jadi mahasiswa baru. Ayat inilah yang sangat menusuk ke Hati ane.
...
Ane sadar Buta hati ane selama ini
Ane lupa semua nikmat ini Dari Allah
Kasih sayang yang sejak kecil ane terima itu dari Allah
Perasaan senang ketika bermain bersama teman itu dari Allah 
Sombong 
Merasa bisa sendiri
Merasa cukup dengan teman dan keluarga
Ane Baru sadar bahwa sesungguhnya hanya Allah yang pantas diharapkan
dan hanya Dia yang pantas dipuji dan dipuja
Ketika ane rindu kasih sayang Ibu
Ketika ane rindu kebersamaan teman
Ketika itu pula sebenarnya Hati ini aku yang sebenarnya rindu kepada-Nya
kesombongan maksiat membuat hatiku tertutup selama ini
Astaghfirulloh..
Begitu dekat Allah, dekat lebih dekat dari orang-orang disekitarku bahkan dari urat leherku

syair Tak Cukupkah Semua dari mas Opick ini bisa membawa angan-angan ane untuk mengingat kebesaran-Nya mengingatkan ane akan dosa-dosa ane.
Sekarang ane jadi suka sekali dengan syair-syair dari Mas Opick.
syairnya indah dan bagus dan bisa membawa kita akan mengingat-Nya.



 يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك
“Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”


No comments:

Post a Comment