Monday, February 25, 2013

Install Virtualbox di Linux

Virutalbox merupakan software yang memungkinkan anda menggunakan / menjalankan OS baru didalam OS yang sedang digunakan baik Windows maupun Linux. Virtualbox ini sama seperti VMware tetapi salah satu kelebihanya Virtualbox ini gratis. Virtualbox dapat diinstal dan digunakan pada Sistem Operasi Windows maupun Linux. PC yang digunakan untuk Virtual Machines disebut dengan 'host' sedangkan sedangkan sistem virtual itu sendiri disebut dengan 'guest'.
Untuk menginstal Virtualbox pada linux hal paling pertama yang anda butuhkan adalah Sistem Operasi Linux yang anda gunakan, disini saya menggunakan Linux Sabily 11.10 yang merupakan keturunan dari Ubuntu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menginstal Virtualbox pada linux anda, saya hanya akan menjelaskan cara yang menurut saya paling mudah.

1. Download terlebih dahulu file installer dari Linux Downloads, pilih  Ubuntu 11.10 ("Oneiric Ocelot")  i386 atau sesuaikan dengan distro yang anda gunakan.


2. Setelah file virtualbox-4.2_4.2.6-82870~Ubuntu~oneiric_i386.deb terdownload, langkah berikutnya adalah menginstal keperangkat.
beberapa cara menginstal software pada linux dapat anda baca di sini

3. klik dua kali pada file berekstensi *.deb tersebut atau buka dengan Pemasang Paket GDebi


4. klik tombol instal paket dan tunggu beberapa saat untuk proses pemasangan. masukan password jika diminta.

Virtualbox telah terpasang pada linux anda dan siap digunakan.


No comments:

Post a Comment