Monday, February 25, 2013

Instal Software di Linux

Hal yang penting tetapi sering dianggap susah oleh pengguna linux khususnya yang baru. untuk menginstal software atau aplikasi di Linux ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik terhubung ke internet maupun tidak. berikut ini cara install software pada Linux. Distro Linux yang dipakai pada tulisan ini adalah Sabily 11.10, tidak banyak berbeda dengan ubuntu. Untuk menginstal software pada linux, dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Menggunakan Ubuntu Software Center
Cara ini dilakukan hanya jika anda terhubung ke internet. Untuk menginstall software dengan Ubuntu Software Center cukup mudah selain itu pada Ubuntu Software Center anda dapat melihat review dan rating dari software yang anda cari. Anda dapat menginstal melalui Ubuntu Software Center sebagai berikut:
    a. Buka Ubuntu Software Center pada aplikasi, pilih aplikasi yang akan diinstall. Untuk mempermudah pencarian anda dapat menggunakan kolom pencarian yang tersedia.





    b. Klik tombol Install dibawah, kemudian tunggu beberapa saat untuk proses download dan istallasi


      2. Menggunakan file installer *.deb

Cara ini dapat dilakukan walaupun anda tidak terhubung ke internet, karena yang dibutuhkan disini adalah file installer yang telah di download dengan ekstensi *.deb. Ada beberapa situs yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan installer yang diinginkan seperti http://www.debian.org/distrib/packages. berikut ini cara menginstal menggunakan file *.deb:

    a. klik dua kali file installer *.deb yang telah didownload

    b. klik tombol install pada kotak dialog yang muncul.



3. Menggunakan Terminal

Bisa dibilang cara ini merupakan cara yang paling gampang untuk menginstal software asalkan software yang akan diinstal ada di repository anda. saya akan tulis tentang repository dilain waktu.
Anda dapat menginstal melalui Terminal sebagai berikut:

    a. Buka terminal di aplikasi atau Ctrl + Alt + T


    b. Masuk sebagai root
    c. ketik apt-get install nama software
    d. tunggu beberapa saat untuk proses download dan pemasangan


4. menggunakan Synaptic Package Manager

Cara ini hampir sama dengan menggunakan Ubuntu Software Center, saya tidak akan bahas lebih lanjut Synaptic Package Manager ini karena pada beberapa versi terbaru Ubuntu Synaptic Package Manager ini sudah tidak terinstall secara default.



1 comment:

  1. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    ReplyDelete