Monday, February 25, 2013

Mengenal Linux

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sekarang populer, pada awalnya linux ini dibuat oleh  Linus Torvalds pada tahun 90-an.
sampai sekarang linux semakin populer dan terus berkembang pesat berkat ribuan pengembang dari seluruh dunia.

Apakah linux Gratis ?
Linux memiliki lisensi GPL (General Public Lincense), dimana siapa saja boleh memakai dan memodifikasi linux secara bebas. jadi linux bukan hanya sistem operasi gratis tetapi juga bebas. Meskipun linux ini bebas untuk dimodifikasi tetapi para pengembang atau developer tetap harus memberikan kebebasan yang sama juga terhadap pemakai produknya.



Mengenal Distro Linux
Packaging Linux Distribution atau lebih dikenal Distro Linux merupakan Sistem Linux Lengkap yang dikemas dalam satu paket. dalam paket tersebut terdapat Kernel Linux, Berbagai Tools serta beberapa software open source untuk mendukung berbagai fungsi dari OS.
Distro Linux memudahkan anda dalam menginstal linux karena anda tidak perlu lagi mencari berbagai keperluan setelah menginstal linux seperti audio codec, dll.
Anda dapat menemukan berbagai macam Distro Linux, setiap Distro ini memiliki spesialisasi dan tipe user yang berbeda-beda. Backtrack Misalnya, Distro ini dilengkapi dengan berbagai software jaringan oleh karena Backtrack ini memiliki spesialisasi pada jaringan wireless. Masih banyak lagi Distro yang bisa anda jadikan pilihan sesuai kebutuhan seperti pada bidang pendidikan, multimedia, bisnis, perkantoran, programer dan rumahan.

No comments:

Post a Comment