Saturday, March 23, 2013

Membuat Vlan Switch Layer 2

Vlan merupakan logical grouping of network users atau pengelompokan user dalam jaringan yang sifatnya virtual terhubung ke Switch. Dengan menggunakan managable switch kita dapat membuat beberapa lan virtual sehingga dalam satu switch bisa kita bisa memiliki beberapa LAN, dMembuat Vlan Switch Layer 2an Broadcast domain. VLAN dianggap memiliki broadcast domain sendiri untuk tiap VLAN jadi frames broadcast pada jaringan hanya di forward ke port dengan VLAN yang sama.
Fungsinya hampir sama seperti router, jadi apakah router masih dibutuhkan ?
Ya, switch layer 2 hanya bisa membuat dan melakukan hubungan antar VLAN yang sama, untuk komunikasi inter VLAN tetap dibutuhkan Router.
Dengan adanya VLAN Ini kita dapat mengelompokan users sesuai kebutuhannya, kemudahan dalam menambah jaringan, meningkatkan pengamanan jaringan.

Sekarang kita mulai Membuat VLAN menggunakan layer 2 Switch,

Pertama kita buat dulu VLANnya, perintahnya sangat mudah. Perlu diingat bahwa VLAN 1 digunakan untuk keperluan administratif dan sudah ada secara default dari pabrikan. Kita hanya bisa membuat VLAN sampai 1005.



Assign Port Switch ke VLAN

mode port yang digunakan adalah access, port dengan mode access hanya untuk dan bisa digunakan oleh satu VLAN, oleh karena itu mode access hanya digunakan untuk koneksi ke user end. mode access tidak peduli terhadap source address frame yang diteruskanya, dan hebatnya switch terlebih dahulu membuang informasi tentang VLAN sebelum meneruskan frame ke port access.
satu lagi yaitu mode trunk akan dijelaskan pada pembahasan VLAN berikutnya.
Sekarang verifikasi VLAN yang dibuat tadi dengan perintah show vlan pada privileged mode .


Dari show VLAN kita tau VLAN yang ada pada switch kita , status, dan Port untuk setiap VLAN.
Setting IP pada PC, kemudian coba lakukan ping ke PC Pada VLAN yang sama maupun berbeda.
Setelah diping semua, kita lihat tabel mac address yang dimiliki switch. Switch menggunakan tabel mac address untuk menyimpan mac / hardware address dari host yang mengirim frame pada melalui switch. Mac yang muncul pada tabel mac address adalah hanya yang pernah ngeping.


No comments:

Post a Comment