Saturday, March 23, 2013

Mengenal OSI Layer


Osi layer terdiri dari 7 Layer, seorang network engineer wajib memahami 7 layer Osi ini minimal lower layer karena dengan menghafal 3 layer terbawah kita dapat membedakan masing-masing perangkat yang bekerja pada layer tersebut. Untuk membantu menghafal, hafalkanlah kalimat berikut ini “Anak Pak Soleh Tidak Nakal Dan Pinta” setiap Huruf pertama dari kalimat tersebut mewakili layer Osi dari layer ke-7, mudah bukan ?

Osi Layer terbagi menjadi 2 bagian, yaitu upper layer dan lower layer.

  • Layer 1, Physical layer merubah frame dari Data link menjadi bit untuk dikirimkan ke media transmisinya. Perangkat jaringan yang bekerja pada layer 1 adalah Hub untuk menghubungkan antar network yang sama, pengiriman datanya secara Broadcast ke semua port.

  • Layer 2, Data Link layer mengolah data dari frames ke bytes dan bytes ke frames, selain itu data link layer juga melakukan error detection, pengalamatan dengan menggunakan hardware address pada lokal network. Perangkat jaringan yang bekerja pada layer 2 ini adalah Switch untuk menghubungkan network yang sama, Data unit pada layer dua adalah frame dengan pengalamatan menggunakan Hardware address oleh karena itu pengiriman data pada switch berdasaekan MAC address tujuan.


  • Layer 3, Network Layer menyediakan logical addressing untuk prosses routing, perangkat jaringan yang bekerja sampai Network layer adalah Router, Swich layer 3. Keduanya dapat menghubungkan dua network yang berbeda, Data unit pada layer ini adalah paket dengan pengalamatan menggunakan logical addressing atau IP addressing sehingga pengiriman data berdasarkan IP address tujuan.

  • Layer 4, menyediakan reliable dan unreliable delivery dan melakukan error correction sebelum memfoward sebuah segment.

Untuk upper layer ketiganya fokus pada bagaimana aplikasi berhubungan dengan yang lainya maupun dengan user.

referensi : Modul Pelatihan CCNA

No comments:

Post a Comment