Sunday, March 3, 2013

Sejarah Sistem Operasi

Komputer terdiri dari Hardware dan Software, dengan software anda dapat menggunakan komputer untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengetik, memainkan musik maupun video. Tanpa Software komputer hanyalah seonggok logam yang tidak berfungsi. Software itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu system program dan application program, yang paling mendasar dari system program adalah Operating system atau sistem operasi. Sistem operasi itu sendiri merupakan antarmuka antara user / pemakai dengan arsitektur / hardware.
Sistem Operasi terus berevolusi sejak pertama kali ditemukan setengah abad yang lalu. sejarah perkembangan sistem operasi ini terbagi menjadi beberapa fase,


1. Generasi pertama

Komputer Digital pertama didesain oleh seorang matematikawan Inggris bernama Charles Babbage, Babbage ini menghabiskan banyak waktu untuk membangun mesin analisanya akan tetapi tidak pernah bekerja seperti yang diharapkan karena teknologi pada pada waktu itu belum bisa mendukung. Sedikit demi sedikit digital komputer terus dikembangkan sampai pertengahan tahun 1940-an, yang pertama menggunakan relay dengan kemampuan memproses sangat lambat, kemudian digantikan dengan vacuum tubes yang juga masih lambat dengan ukuran fisik sangat besar.

http://www.fi.edu/learn/case-files/eckertmauchly/ENIAC_Image_1.jpg
Pada awal tahun 1950-an terjadi peningkatan setelah dikenalkanya punchen cards menggantikan plugboards pada vacuum tubes yang memungkinkan ditulisnya program pada kartu untuk dibaca dikomputer.


2. Generasi Kedua
Computer pada fase ini sudah menjadi perangkat yang lebih berguna, dapat bekerja dengan waktu yang lama dan melakukan pekerjaan yang membantu. sejak saat inilah mulai jelas pembagian tugas antara desainer, programmer, operator.
mainframes atau mesin yang digunakan diletakan pada sebuah ruangan berpendingin dengan seorang operator yang profesional dan terlatih, hanya perusahaan besar, pemerintah, dan perguruan tinggi pada saat itu yang memiliki.
untuk menjalankan sebuah tugas terlebih dahulu programmer menuliskan program di kertas, kemudian punch ke kartu untuk diberikan kepada operator. Mekanisme seperti itu membuang banyak waktu sehingga muncul solusi yaitu batch system, dimana pekerjaan dikumpulkan dan diurutkan terlebih dahulu untuk kemudian dibaca menggunakan komputer yang murah seperti IBM 1401.

3. Generasi Ketiga

Pada awal tahun 1960-an komputer yang ada terbagi menjadi dua fungsi, yang pertama komputer berorientasi teks yang banyak digunakan untuk engineering sedangkan yang kedua berorientasi angka sehingga digunakan untuk keperluan komersil seperti pada bank.untuk mengatasi kekurangan tersebut IBM memperkenalkan Sistem operasi/360. Sistem Operasi 360 merupakan software yang dapat digunakan untuk berbagai seri mesin.360 merupakan yang pertama dalam menggunakan Integrated Circuit (ICs), mengungguli generasi sebelumnya yang hanya menggunakan transistor. pada generasi ketiga ini juga sudah dikenal Multiprogramming.

4. Generasi Keempat
pada generasi ini microcomputers sudah mulai digunkan, menjadikan komputer untuk mulai digunakan secara personal. System yang digunakan pada waktu itu menggunakan CP / M (Control Program for Microcomputers), Awal 1980-an Microsoft mengeluarkan sistem operasi DOS (Disk Operating Sysem) yang mulanya dikembangkan oleh sebuah perusahaan dan dibeli oleh microsoft kemudian berganti nama dengan MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). C/M, MS-DOS masih menggunakan sistem command-line, jadi semua perintah menggunakan tulisan. Beberapa tahun kemudian Doug Engelbart dari Institute Standford menciptakan GUI (Graphical User Interface) yang membuat PC menjadi lebih mudah digunakan khususnya untuk pemakai yang tidak tahu tentang komputer). Pada tahun 1983-an Apple Macinthosh mulai diperkenalkan yang kemudian ditingkatkan keversi berikutnya yang sudah mendukung GUI dengan nama Mac OS X Pada tahun 2001. Untuk mengimbangi Macintosh, Microsoft mengeluarkan Windows NT. UNIX juga sudah banyak digunakan sebagai alternatif khususnya untuk kalangan pelajar dan perusahaan. Perkembangan yang menarik sejak pertengahan 1980-an adalah perkembangan jaringan Personal computer melalui sistem operasi jaringan.


Sumber : Operating Systems: Design and Implementation / Andrew S. Tanenbaum, Albert S. Woodhull. 3rd ed 2006
















3 comments:

  1. wha... perasaan anak anak telkom pada kompakan postingan nya.. tugas kali yaa

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete